Pages

18 Mei 2014

Ini Akibat Jika Mengunyah Makanan Terlalu Cepat

Terimakasih kami ucapkan bagi anda yang berkunjung ke blog tanyaOPOO, terlebih yang baru pertama kali menyempatkan diri mengunjungi blok ini. Semoga anda menikmati kunjungan ini dan mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Topik kita kali ini adalah mengenai akibat mengunyah makanan yang terlalu cepat.

Mungkin pernah melihat teman atau sobat anda yang saat makan siang
begitu cepat menghabiskan santapan siangnya? Lalu anda bertanya " Cepat amat makannya?". Teman yang lain yang iseng menimpali, "Nasinya nggak di kunyah ya, langsung ditelan aja" sambil tertawa menikmati istirahat siangnya. 

Banyak orang yang mengunyah makanan terlalu cepat. Dari segi waktu, kebiasaan ini memang sangat menguntungkan, karena bisa menghemat waktu. Namun, kalau ditinjau dari sisi kesehatan, mengunyah makanan terlalu cepat akan menyebabkan masalah di dalam tubuh. Sebaiknya makanan dikunyah berapa kali?  Baca disini

Berikut adalah akibat yang ditimbulkan jika kita terlalu cepat dalam mengunyah makanan seperti di lansir MedlinePlus:

1. Sakit Perut
Anda mungkin pernah mengalami ini. Jika makan terburu-buru sehingga nasi hanya dikunyah beberapa kali dan akan menyebabkan gangguan di pencernaan. Adanya gangguan di pencernaan membuat perut akan sakit dan serasa terbakar. Sakit seperti ini sering dikira gejala penyakit jantung. Perut kita akan kembali nyaman ketika pencernaan sudah memiliki kesempatan untuk memecah makanan yang kita telan.

2. Berat Badan Bertambah
Otak dan perut ternyata memiliki kerjasama dan bekerja saat kita makan. Saat perut sudah kenyang, maka akan diberitahukan ke otak. Waktu yang diperlukan perut untuk menyampaiakan sinyal kenyang ke otak adalah sekitar 20 menit. Jika anda makan terlalu cepat, maka kalori akan menumpuk sebelum otak mendapat pemberitahuan kalau sudah kenyang. Dengan demikian, karena otak belum mendapat info kenyang, maka anda akan makan terus dan menimbun kalori di dalam tubuh.

3. Kepekaan Terhadap Sinyal Lapar dan Kenyang Berkurang
Sinyal lapar dan kenyang akan berkurang jika mengunyah makanan terlalu cepat. Bila hal ini terjadi, maka anda akan makan sembarangan waktu karena hanya mengandalkan emosi, bukan dari sinyal tubuh dan otak.

Demikian akibat-akibat jika kita makan terlalu cepat. Cobalah anda perhatikan teman anda yang saat makan siang bisa menghabiskan nasinya hanya beberapa menit. Apakah ada yang sesuai dengan hal di atas. Kalau saya perhatikan teman-teman saya saat makan siang, ada benarnya. Terlebih mengenai berat badan. Sementara teman-teman saya yang makannya lambat rata-rata berbadan kurus.






0 komentar:

Posting Komentar